Uniknya Keindahan Mini Netherland Versi Semarang




Beberapa pengunjung asik menikmati fasilitas yang diberikan di Taman Srigunting, Kota Lama, Semarang. FOTO: Audita Widya/Semarasanta

Semarang – Detail bangunan yang khas ditambah berbagai ornamen yang identik dengan gaya Eropa tahun 1700-an. Seperti ukuran pintu dan jendela yang besar, penggunaan kaca-kaca berwarna, bentuk atap yang unik, sampai adanya ruang bawah tanah, karena faktanya wilayah ini dibangun saat Belanda datang. Tentunya mereka membawa sebuah konsep dari negara asal mereka untuk dibangun di Semarang yang notabene tempat baru mereka. Tentunya mereka berusaha untuk membuat kawasan ini seperti rumah bagi komunitas mereka. Sama seperti kota tua di Jakarta, Semarang juga memiliki kota lama yang sangat indah dengan banyak bangunan bersejarah yang terlihat memukau.
Kota Lama Semarang juga disebut sebagai Outstadt, dengan area seluas 31 hektar. Dilihat dari kondisi geografis, telihat bahwa area ini terpisah dari area sekitarnya, membuatnya terlihat seperti kota sendiri, yang dijuluki sebagai "Little Netherland". Area Kota Lama Semarang merupakan saksi bisu dari sejarah kolonial Belanda pada periode lebih dari 2 Abad, dan lokasinya bersebelahan dengan kawasan perekonomian.
Beberapa pengunjung asik membeli aksesoris dan barang-barang antik di Pasar Rani, Kota Lama, Semarang. FOTO: Audita Widya/Semarasanta
Kota Lama Semarang merupakan citra visual yang menyajikan kemegahan arsitektur Eropa di masa lalu. Banyak berdiri bagunan-bangunan kuno nan eksotis serta megah peninggalan Kolonial Belanda, seakan menyimpan segudang cerita yang tak kan pernah habis dikisahkan. Di sekitar Kota Lama dibangun kanal-kanal air yang keberadaanya masih bisa disaksikan hingga kini, meski tidak terawat. Hal inilah yang menyebabkan Kota Lama mendapat julukan sebagai “Little Netherland”. Lokasinya yang terpisah menambah kemiripan kota di Eropa serta kanal yang mengelilinginya menjadikan Kota Lama seperti miniatur Belanda di Semarang.

Pedestrian di depan Semarang Creative Gallery yang sudah diperbaiki di Kota Lama, Semarang. FOTO: Audita Widya/Semarasanta
Saat ini Kota Lama sedang dalam perbaikan dan pengembangan karena merupakan salah satu cagar budaya yang wajib dilindungi. Kita doakan saja semoga Kota Lama Semarang menjadi lebih cantik dan lebih banyak orang yang datang ke Kota Lama. Hal ini disambut baik oleh salah satu warga Kota Semarang yang sedang berkunjung ke Kota Lama. 
“Sekarang Kota Lama udah lebih bagus, udah ngga kelihatan kumuh lagi. Apalagi dengan diadakanannya festival atau acara-acara di Kota Lama, bakal buat warga untuk dateng kesini. Harapanku bisa lebih gencar lagi pemasaran Kota Lama ini, biar orang luar Semarang tertarik dateng ke Kota Lama.”
Bagi kamu yang suka fotografi, Kota Lama Semarang menjadi objek foto bertema retro atau klasik yang sangat pas. Inilah beberapa spot foto yang wajib kamu kunjungi. (Aini M./Semarasanta)

Share this:

 
Copyright © Semarasanta - Travel Blog. Designed by OddThemes & VineThemes