Santapan Belut Menggugah Selera

Salah satu warung makan mangut belut yang ramai dikunjungi ketika jam makan siang (Semarasanta/Fakhri Kusuma)
Semarang – Daging belut memiliki rasa yang gurih. Berbagai olahan pangan telah banyak dibuat. Mulai  digoreng, dibakar, ataupun dijadikan sop. Semarang pun memiliki warung makan yang menyajikan belut yang menggugah selera. Warung sederhana yang bernama Warung Makan Belut Sampangan Ibu Hj. Nasimah ini terletak di Jalan Menoreh Raya No. 10, Sampangan, Semarang. Meskipun dari luar terlihat warung makan biasa, jika berbicara mengenai rasa, warung makan ini tiada duanya.
            Menu andalan yang disajikan adalah Mangut Belut. Terdapat kuah pedas serta santan nan gurih yang menyirami belut. Tidak luput dihiasi cabai disekitarnya. Makin nikmat disajikan bersama nasi putih. Perut serasa dimanjakan dengan kelezatan Mangut Belut. Bagi Kamu pecinta pedas, rasanya makanan ini wajib menjadi santapan. Belutnya juga sangat empuk ketika digigit sehingga memanjakan mulut. Selain rasanya yang nikmat ,kandungan gizi yang terkandung dalam belut dapat menjaga tubuh tetap sehat, seperti fosfor, Vitamin A dan B.


Mangut Belut di warung ibu Hj. nasimah yang menggugah selera (Semarasanta/Fakhri Kusuma)
Pada mulanya, warung yang berdiri sejak 1978 menggunakan bahan dasar ikan laut yang di asap, namun penjual hanya iseng mencoba menggunakan belut. Lambat laun ternyata belut disukai oleh banyak pelanggan dan menjadi terkenal. Sejak saat itu Mangut Belut menjadi hidangan andalan. Warung makan ini pun sudah melebarkan sayapnya di beberapa tempat.
“Pertama itu 1978 warung itu saya buka, di tahun 2009 di Pujasera Jalan Kayi Saleh. Nah , warung kedua dan yang terakhir ada di Jalan Jati Raya Banyumanik,” pungkas Sugiarti, pemilik warung.
       Harga yang tertera cukup terjangkau untuk kantong, berkisar Rp20.000-Rp50.000 rupauh tergantung besar kecilnya. Mangut Belut, nasi, ditambah air putih dikenakan biaya Rp20.000. Harga yang terjangkau serta rasa yang nikmat membuat warung ramai pengunjung setiap harinya.
“Saya lumayan sering sering makanan mangut belut di Warung Makan Hj Nasimah. Biasanya sih jam makan siang. Rasa mangutnya yang sangat empuk, serta kuahnya yang pedas saya suka banget.” tutur Susilo, salah satu pengunjung.
Disamping Mangut Belut, terdapat beberapa aneka masakan yang disajikan. Beberapa diantaranya adalah ayam goreng, nila bumbu rujak, garang asem, lele goreng, keong pedas, kering tempe, gorengan, pepes, dan oseng-oseng. Warung Makan Hj Nasimah buka setiap hari, dari pukul 07.00-16.00, libur hanya pada hari Minggu. (Fakhri.K/Semarasanta)

Share this:

 
Copyright © Semarasanta - Travel Blog. Designed by OddThemes & VineThemes