Nasi Ayam khas Semarang yang Menggugah Selera



Fransisca/Semarasanta
Semarang – Kota Semarang terkenal akan sebutannya sebagai “kota Lumpia”, hal ini dikarenakan makanan khas yg dimiliki adalah lumpia, wingko babat. Namun selain menu makanan kecil yg khas kota Semarang, ada juga menu makanan besar yakni nasi ayam.
Yap, nasi ayam adalah salah satu menu andalan yg ditawarkan oleh kota ini, dengan nasi yg masih hangat diberi telur rebus dan daging ayam yg telah dibumbu kuning, lalu dibalur dengan kuah santan yg lezat menjadikan makanan ini sebagai primadona kota Semarang. Bila berkunjung ke Semarang hendaknya kita bisa menyempatkan waktu untuk mencicipi menu andalan, salah satu warung nasi ayam yg terkenal adalah warung milik Bu Wido. Warung ini buka dari pukul 14.30-23.00, hampir tidak pernah sepi pengunjung. Warung Nasi Ayam Bu Wido ini sudah mulai berjualan sejak tahun 1958 dan telah memiliki banyak pelanggan karena cita rasa nasi ayamnya yang nikmat.
Nasi Ayam Bu Wido ini menggunakan ayam kampung pilihan yang telah di olah dengan bumbu dan santan sehingga menjadikan daging ayam yang empuk, gurih dan lezat. Tidak hanya soal rasa, warung nasi ayam ini juga terkenal karena memiliki harga yang cukup murah.

Fransisca/Semarasanta

Nasinya yang pulen, suiran ayam yang empuk, sayur labunya yang pedas manis dengan kuah opor yang gurih membuat nasi ayam bu wido sangat disukai penikmat nasi ayam khas semarang.Sayur labu yang digunakan pada nasi ayam bu wido ini juga merupakan salah satu faktor kelezatan nasi ayam khas semarang bu wido ini, karena sayur labu ini memiliki cita rasa pedas manis dengan tingkat kepesaan yang dapat anda sesuaikan selera. Harga untuk per porsi dipatok kurang lebih Rp 10.000 hingga Rp 15.000.
"Nasi ayamnya disini beda dari tempat lain,  ini tempat nasi ayam andalan saya rasanya itu lho pas dan santannya kental dan gurih." ucap Lenny, salah satu pengunjung nasi ayam Bu Wido.
Racikan nasi ayam bu wido ini legendaris karena rasanya yang sangat nikmat. Nasi yang disajikan dalam pincuk daun pisang ini disajikan lengkap dengan berbagai lauk di atas meja. Biasanya orang menikmati nasi ayam dengan lauk sate telur puyuh, sate usus dan sate ampela ati yang telah di olah dengan bumbu kuning khas bu wido. Nasi Ayam Bu Wido ini juga menyediakan kuah santen gurih yang telah di bumbui dengan bumbu khas di atas meja pelanggan, sehingga pelanggan yang datang dapat menambah kuah santen sesuai selera.
Nah Anda penasaran dengan kelezatan nasi ayam legendaris ini? Kamu bisa mengunjungi warung ini di Jl. Gajah Mada hingga menemukan pertigaan JL Melati Selatan. Lokasi Warung Bu Wido kurang lebih berjarak sekitar 50 meter dari pertigaan. Karena rasanya kurang lengkap jika anda mengunjungk kota Semarang jika belum mencicipi nasi ayam Bu Wido. (Fransisca/Semarasanta)

Share this:

 
Copyright © Semarasanta - Travel Blog. Designed by OddThemes & VineThemes