JOKO KOPI, TEMPATNYA PARA PENIKMAT KOPI


Menikmati secangkir kopi bukan hanya dari segi kenikmatan rasanya saja, tetapi kopi yang nikmat diukur dari
banyak segi mulai dari aroma kopi, tingkat kekentalan dan juga cara menikmatinya. Jika semua syarat itu terpenuhi maka para pecinta kopi akan menemukan apa yang disebut kepuasan yang sempurna.
Suasana Kedai Joko Kopi saat senja (Asri Aulia/Semarasanta)
Jika ingin merasakan kesempurnaan itu, jangan lewatkan kesempatan ngopi di coffeeshop yang satu ini yaitu JOKO KOPI. Lokasinya berada di Jalan Gedongsongo no. 9 Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Coffeeshop yang berdiri sejak tahun 2014 ini sudah terkenal bagi konsumen khususnya para penggemar kopi. Kedai ini buka setiap hari mulai pukul 13.00 WIB hingga 23.30 WIB. Meskipun cukup jauh dari pusat kota, tempat ini selalu ramai pengunjung untuk sekedar duduk-duduk sembari menikmati secangkir kopi dengan cita rasa yang khas ala JOKO KOPI. Penasaran apa saja yang ada disini?

Nikmati Kopi dengan Nuansa di pinggir sawah

Pelanggan menikmati keindahan hamparan sawah dilihat dari dalam kedai Joko Kopi (Asri Aulia/Semarasanta)
Coffeshop yang menyajikan olahan kopi dengan nuansa klasik maupun pemandangan alam sudah banyak dijumpai di daerah Ungaran . Namun, berbeda dengan Kedai Joko Kopi yang menyuguhkan keindahan pemandangan alam yang menawan. Tidak hanya itu hamparan sawah yang membentang , hijau, dan diselimuti udara dingin pegunungan Ungaran menambah kenyaman menikmati secangkir kopi  terutama saat malam hari . Yuda Mega Pamungkas, manager Kedai Joko Kopi mengungkapkan bahwa pemandangan alam disinilah yang menjadi daya tarik bagi pengunjung.

“Disini yang paling ditonjolkan pemandangan alamnya ,untuk tempat mungkin belum begitu bagus cuman kita punya ciptaan Tuhan yang memang bisa disajikan disini,  selain itu disini manual kopi pertama yang ingin kami sajikan di Ungaran”, Jelas Yuda.

Tak hanya itu, kedai Joko Kopi juga menyediakan fasilitas wifi unlimited dan toilet bagi para pengunjungnya loh!! . Cocok buat kalian yang mencari tempat santai untuk mengerjakan tugas kuliah atau laporan pekerjaan sembari menikmati suasana dan sajian kopi yang ditawarkan .
        

Beragam Jenis Kopi tersedia di JOKO KOPI


Jenis Biji Kopi dari Berbagai Coffee Rouster terkenal di Indonesia maupun Mancanegara (Asri Aulia/Semarasanta)
Disini kalian bisa menikmati aneka pilihan biji kopi best seller dan berkualitas yang diambil dari coffee rouster terkenal dari berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara seperti Caswells Coffee, Signature Coffee yang merupakan salah satu jenis kopi langka yang tersedia saat hari-hari tertentu saja. Selain itu terdapat juga Coffee Single Origin yang diambil dari Gayo (Aceh), Java Mocha, Bali Kintamani, Flores dan sebagainya. Kebanyakan Kopi yang tersedia disini adalah jenis kopi Arabika yang sudah terkenal di berbagai belahan dunia. Dalam sebulan coffeshop ini bisa menghabiskan 15 biji kopi untuk diproduksi menjadi olahan kopi yang nikmat.
Setiap biji kopi memiliki perbedaan rasa yang khas. Seperti Kopi khas Gayo yang memiliki cita rasa kopi yang lebih pahit, keasaman rendah dan aroma yang gurih. Untuk Kopi Bali Kintamani rasa yang dihasilkan lebih lembut, tidak berat dan sedikit rasa buah.  Biji Kopi dari Flores juga memiliki sedikit aroma buah dan tembakau. Berbeda dengan Kopi  Java Mocha yang memiliki cita rasa khas rempah-rempah yang lahir secara alami menghasilkan kenikmatan rasa yang unik. Setiap olahan biji kopi dibandrol dengan harga yang bervariasi tergantung metode penyajiannya. Untuk racikan kopi tubruk berkisar 18rb rupiah,Kopi Plunger 20rb rupiah dan Kopi Pour Over 22rb rupiah.
   

Belajar Meracik Kopi Bersama Barista


Seorang Barista bernama Shauqi meracik kopi Java Mocha pesanan pelanggan Kedai Joko Kopi (Asri Aulia/Semarasanta)


Kalian ingin tahu bagaimana meracik kopi yang nikmat? Disini kalian bisa belajar dengan Barista handal Joko Kopi yang akan diajarkan metode meracik biji kopi seperti V60, Plunger hingga Tubruk. Shauqi, barista Joko Kopi  mengungkapkan perbedaan metode meracik kopi dapat mempengaruhi cita rasa yang khas dari masing-masing biji kopi.

“Teknik PourOver dengan alat V60  itu berasal dari Negeri Sakura-Jepang , menggunakan kertas filter khusus sebagai alat penyaring kopi, disini menghasilkan sedikit atau bahkan tanpa ampas kopi dibanding dengan Plunger ( French Press). Metode Plunger ini akan menghasilkan rasa yang lebih kaya,lembut dan sedikit minyak. Selain itu juga ada metode tubruk dengan meracik kopi secara langsung seperti meracik kopi pada umumnya. Jelas Shauqi.

“Menghidangkan kopi juga miliki 3 ketebalan rasa yaitu Soft, Medium dan Hard. Level roasting untuk setiap biji kopi juga berbeda yaitu medium dan medium to dark. Dengan metode yang berbeda-beda ini, akan menghasilkan seberapa kuat rasa kopi tersebut dan masing-masing jenis kopi punya keunikan rasa yang khas.Imbuhnya.
Saat memesan coffee  Java mocha dengan metode racikan tubruk  melalui beberapa tahap , mulai dari menggiling biji kopi kedalam mesin penggiling hingga biji kopi berukuran medium atau seperti butiran gula pasir.  Dan selanjutnya,  menuangkan air panas sedikit demi sedikit secara konsisten dan merata dengan memperhatikan tinggi rendahnya suhu air. Setelah itu barulah tunggu beberapa menit dan aduk kopi perlahan.


Coffee Java mocha ini disajikan dalam secangkir gelas dengan gula terpisah. Aroma khas java mocha sangat tercium, rasanya yang agak pahit dengan sedikit rasa asam menambah cita rasa kopi semakin nikmat.

Aneka Menu lain dengan Harga Terjangkau

Kedai Joko Kopi yang berkapasitas mencapai 30-40 orang ini menyajikan aneka makanan dan minuman seperti Ice Blended Strawbery, Ice cream coklat, Ice green tea matcha Latte, Joko Pizza, Creamy Layers Paradise dan masih banyak lagi.  Selain kopi yang menjadi menu andalan, terdapat salah satu menu special seperti “Choco Melted core”. Sensasi cake ketika dipotong, keluar lelehan coklat yang manis ditambah toping eskrim yang lembut memanjakan lidah kalian. Harga yang ditawarkan  mulai Rp 15.000 sampai Rp 25.000 rupiah. Harganya cukup terjangkau, kan? .
Tak heran Coffeshop ini selalu dikunjungi oleh anak muda yang betah berlama-lama berada di Kedai dengan teman maupun keluarga. Salah satunya Aisya(17), seorang pengunjung yang datang bersama teman-temanya ini, mengaku pecinta kopi dan senang berkunjung ke cafe ini.
 “Kopi disini rasanya enak dan khas, pemandangannya juga keren, jarang ada cafe dengan pemandangan sawah kayak gini, jadi betah nongkrong sama temen-temen. Menunya juga variatif dan terjangkau sesuai banget buat kantong pelajar. jelas Aisya.
Bagi kalian yang penasaran, tempat ini cocok buat kalian kunjungi dan nikmatilah sensasi cita rasa khas aneka kopi ala Kedai Joko Kopi! (Asri Aulia Rachmawati / Semarasanta)

Share this:

 
Copyright © Semarasanta - Travel Blog. Designed by OddThemes & VineThemes