Ini Dia Penampakan Kampung Tematik Kota Semarang yang Lagi Hits!

Penampakan Kampung Pelangi di Semarang sebelum menjadi kampung tematik dan setelah menjadi kampung tematik. Image via brilio.net
Semarang – Sepertinya kurang lengkap rasanya jika sebagai generasi milineal saat ini tidak mengikuti trending topic yang sedang beredar. Sudahkah kamu tau? Pemerintah Kota Semarang sedang gencar-gencarnya merevitalisasi atau mengubah sebuah kampung yang tadinya kumuh menjadi kampung yang layak tinggal dan memiliki daya tarik wisata. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyatakan bahwa setidaknya tiap kecamatan wajib memiliki setidaknya satu kampung tematik yang nantinya akan diberikan anggaran sebesar 200 juta rupiah tiap kampung yang berhasil disetujui master plannya. Diharapkan kampung tematik menjadi jujukan wisata baru Kota Semarang yang kekinian.
Salah satu kampung tematik yang menjadi prototype pertama yang viral di banyak media internasional seperti Bustle, Malaysia Digest, Buzzfeed hingga Vogue, bahkan tak mau ketinggalan hype-nya. Ini membuktikan bahwa kehadiran kampung tematik sangat direspon positif oleh semua kalangan. Ini merupakan inovasi yang dapat menyelesaikan permasalahan namun juga sekaligus meningkatkan perekonomian warga. 
Image via Jaliludin
Saat ini sudah ada sekitar kurang lebih 32 kampung tematik yang memiliki tema seperti kampung sehat, kampung toleran, kampung pelangi, kampung ramah anak, kampung batik, kampung tempe, Kampung Jawi dan sebagainya.
Menurut Reski, salah satu mahasiswa perguruan tinggi negeri yang ada di Semarang mengatakan sangat mengapresiasi inovasi dari Pemkot Semarang dalam mengubah area kumuh menjadi area yang dapat mendatangkan keuntungan bagi warganya.
“Inovasi ini bisa dicontoh kota-kota lain agar bisa bareng-bareng membenahi lokasi kumuh yang ngga layak huni. Walaupun aku bukan asli Semarang, tapi aku seneng atas inovasi dari Pemkot Semarang. Sukses deh!" kata Reski.
Kampung Ramah Anak dimana jalanan dan dindingnya dilukis dengan lukisan khas anak-anak. Image via solopos.com
Kampung Jawi di Semarang. Image via Viva.co.id
Kita sebagai generasi milineal harus mendukung program pemerintah yang memiliki tujuan memperbaiki kehidupan warganya. So, ini dia penampakan beberapa kampung tematik di Semarang yang sangat instagramable. (Aini M./ Semarasanta)

Share this:

 
Copyright © Semarasanta - Travel Blog. Designed by OddThemes & VineThemes