Ganjel Rel, Roti Langka Khas Semarang


Image via Kompas Wisata

Semarang - Berbicara mengenai kuliner khas Kota Semarang, hal pertama yang terbesit pastilah Lumpia. Ibukota Jawa Tengah ini memang terkenal dengan sebutan kota Lumpia. Namun, tahukah kamu bahwa terdapat kuliner legendaris yang wajib banget dicoba yaitu Ganjel Rel.
Sesuai dengan namanya, roti ganjel rel ini cocok untuk mengganjal perut yang lapar. Bagi orang Jawa, mendengar nama ganjel rel ini pasti penasaran bagaimana rasanya kan? Ganjel diambil dari Bahasa Jawa yang artinya pengganjal. Jika digabungkan, Ganjel Rel berarti pengganjal rel. Hmm bisa dibayangkan bagaimana rasanya roti ganjel rel ini? Mungkin kalian penasaran mengapa roti ini dinamakan ganjel rel bukan?
Konon katanya, ganjel rel ini dahulu dibuat untuk memperingati tradisi Dugderan. Dugderan merupakan sebuah festival untuk menandai dimulainya Bulan Ramadhan. Dugderan sendiri berasal dari kata dug = dari kata bedug dan  der = istilah yang merujuk pada letusan. Ini karena dalam Dugderan juga dimeriahkan dengan suara meriam dan petasan. Dahulu, masyarakat percaya bahwa roti ini menjadi simbol supaya tidak ada “ganjelan” atau hambatan selama berpuasa.

Image via Wisata Kulon Progo

Ganjel Rel memiliki tekstur yang sedikit kasar dan padat karena bahan dasar yang digunakan adalah singkong. Seperti yang diketahui, singkong memiliki tekstur yang kenyal. Nah, karena teksturnya yang padat dan bentuknya yang menyerupai bantalan rel, maka roti ini dinamakan roti Ganjel Rel. Baru makan beberapa potong saja, roti ini sudah cukup mengganjal perut kalian loh!
Roti berbentuk kotak ,berwarna coklat dan bertabur wijen ini memang memiliki rasa yang khas dengan aroma rempah seperti cengkeh dan kayu manis. Walaupun sudah jarang ditemui, namun jangan khawatir, kalian masih bisa mendapatkan jajanan legendaris ini di beberapa toko roti tempo dulu dan di Pasar Johar Semarang. Untuk masalah harga, ganjel rel ini dibandrol dengan harga 25 ribu hingga 45 ribu rupiah saja. Terjangkau kan untuk buah tangan bagi orang-orang tercinta?
Nah, Roti ganjel rel ini bisa menjadi teman yang pas untuk disajikan dengan teh hangat. Dijamin, rasanya bisa membawa kamu bernostalgia ke zaman Belanda! Gimana? Tertarik untuk mencoba? (Randyani Rarasati/Semarasanta).


Share this:

 
Copyright © Semarasanta - Travel Blog. Designed by OddThemes & VineThemes