Brown Canyon, Panorama Alam Unik Bagi Penggemar Fotografi!

Pemandangan Brown Canyon dari atas tampak sangat indah. FOTO: Antika Yolanza/Semarasanta
Semarang – Satu lagi tempat wisata alam unik di Semarang yang wajib untuk kita kunjungi, yaitu Brown Canyon. Dinamakan “Brown Canyon” karena tempatnya yang memiliki banyak tebing-tebing tinggi dan curam menyerupai Grand Canyon di Amerika. Brown Canyon berada di daerah Rowosari, desa Meteseh, Kecamatan Tembalang, Semarang. Berbeda dengan Grand Canyon yang dataran tingginya terbentuk oleh alam dengan sendirinya, Brown Canyon tidak sengaja terbentuk oleh aktivitas galian dan pertambangan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar Rowosari. Brown Canyon sebenarnya adalah perbukitan biasa, namun karena adanya aktivitas pertambangan yang dilakukan selama bertahun-tahun akhirnya merubah wujud Brown Canyon menjadi salah satu panorama alam unik di Indonesia, khususnya di Semarang.
Brown Canyon memiliki dataran tinggi dengan lekuk-lekuk unik yang merupakan sisa hasil galian masyarakat yang membentuk menara yang menjulang tinggi. Selain itu, ketika kita berkunjung kesini, kita akan dimanjakan oleh pemandangan eksotis hamparan daratan kecoklatan yang mengelilingi tempat ini. Kini, Brown Canyon menjadi salah satu destinasi wisata alam favorit bagi para travellers, terutama bagi para travelers yang menyukai dunia fotografi. Hamparan tanah kecoklatan dengan tebing-tebing unik nan eksotis menjadi objek foto tersendiri bagi para fotografer yang hanya dapat mereka temukan di daerah Rowosari, Semarang. 
FOTO: Antika Yolanza/Semarasanta
“Meskipun panas, tetapi disini pemandangannya sangat bagus, hasil foto pemandangan disini tidak pernah mengecewakan. Udaranya disini panas, medan menuju kesini juga susah dan sebagian masih belum diaspal, tapi saya puas banget pas udah nyampe di Brown Canyon ini.” kata Rudi, seorang wisatawan lokal penyuka fotografi yang kebetulan sedang hunting foto di Brown Canyon, Sabtu (7/10).
Panorama alam unik inilah yang membuat Brown Canyon menjadi salah satu obyek wisata alam terbaik bagi para penggemar fotografi. Tebing-tebingnya yang menjulang tinggi serta curam ditambah dengan hamparan tanah coklat yang lapang merupakan pemandangan yang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan. Apalagi Brown Canyon merupakan satu-satunya tempat yang memiliki pemandangan alam yang berbeda dengan yang lain, sehingga tentunya para pencinta fotografi tidak boleh melewatkan wisata alam yang satu ini. 
Antika Yolanza/Semarasanta
Bagi para masyarakat atau wisatawan yang ingin datang ke sana hendaknya harus berhati-hati, karena masih ada kegiatan pertambangan disekitar Brown Canyon. Persiapkanlah masker atau penutup pernafasan, serta kacamata karena banyaknya debu yang berasal dari kegiatan pertambangan tersebut dapat membuat sesak nafas. Salah satu cara untuk menghindari banyaknya debu pertambangan disana, anda bisa datang di waktu sore hari. Wisata alam Brown Canyon ini tidak memiliki gerbang secara resmi, karena kawasannya yang masih berdampingan dengan penambangan pasir, sehingga perlu untuk mencermati rute jalannya, dan dalam perjalanan, teruslah berhati-hati karena kondisi medan yang agak susah dan kondisi jalannya yang sebagian belum diaspal.(Antika.Y/Semarasanta)

Share this:

 
Copyright © Semarasanta - Travel Blog. Designed by OddThemes & VineThemes