Benteng Willem, Tempat Eksotis yang Instagram-able Banget!

Bangunan Benteng Willem yang eksotis menjadi daya tarik pengunjung untuk dijadikan sebagai tempat mengabadikan foto. FOTO: Randyani Rarasati/Semarasanta


Ambarawa – Saat ini, kawula muda sedang gemar memamerkan foto-foto dengan latar belakang bangunan-bangunan eksotis maupun pemandangan yang menakjubkan di sosial media mereka, terutama instagram. Tempat yang cocok digunakan untuk berfoto dan diunggah ke Instagram biasanya disebut dengan istilah instagram-able. Nah, untuk kalian yang sedang mencari tempat yang instagram-able, Semarasanta punya rekomendasi tempat yang cocok nih! Benteng Willem I Ambarawa tempatnya!
Begitu memasuki benteng ini, kalian  akan dimanjakan dengan pemandangan yang menakjubkan. Suasana bangunan bekas barak militer yang memiliki dua lantai ini, seakan-akan menuntun kita kembali ke zaman kolonial.
Benteng peninggalan pada masa kolonial belanda ini, berlokasi tak jauh dari Museum Kereta Api Ambarawa, tepatnya di kompleks Lembaga Pemasyarakatan atau lapas kelas II A, Ambarawa, Kabupaten Semarang. Benteng Willem I  ini juga sering disebut pula sebagai Benteng Pendem atau dalam istilah jawa yang berarti terpendam.
“Terlihatnya terpendam karena dulu diatas maupun diluar itu banyak pohon-pohon besar seperti mahoni, jadi bentengnya ini nggak terlihat. Yang terlihat pohon-pohonya saja, makanya orang-orang sini sering nyebutnya benteng pendem.” terang Pelda Satrio, Petugas Lapas kelas II A, Ambarawa. 
Randyani Rarasati/Semarasanta
Walaupun sudah banyak ditumbuhi lumut maupun tumbuhan liar,  bangunan yang berusia hampir dua abad ini, tak membuat para wisatawan enggan untuk berwisata ke sini. Salah satunya adalah Osadhani, seorang pengunjung yang sengaja datang kesini hanya untuk berfoto dan mengobati rasa penasaranya tentang bangunan kuno ini.
“Kuno banget kesanya. Memang sih ada beberapa bagian yang kurang dirawat dan udah kelihatan rapuh, tapi jadi objek yang bagus buat foto-foto. Tapi gak enaknya kalau hujan, soalnya bakalan becek.” kata Osa, sapaan akrabnya.
Randyani Rarasati/Semarasanta
Benteng Willem I ini memang terlihat terbengkalai dan rapuh. Namun, kesan terbengkelai inilah justru akan memberikan warna eksotis pada foto. Mulai dari jembatan kayu yang menghubungkan sisi pinggir dan sisi tengah benteng, bangunan kecil yang merupakan tempat beribadah kaum muslim, hingga sudut sudut tempat yang ada di benteng ini bisa menjadi objek foto yang indah bagi teman teman pecinta fotografi.
Untuk dapat menikmati pemandangan indah benteng ini sambil berfoto-foto, cukup hanya dengan meminta izin kepada petugas piket yang berwenang di lingkungan benteng. Namun, jika berkunjung ke benteng ini jangan lupa untuk tetap menjaga sopan santun ya!
Bagaimana? Tertarik untuk berfoto-foto di salah satu spot instagram-able di Semarang ini? (Randyani.R/ Semarasanta)

Share this:

 
Copyright © Semarasanta - Travel Blog. Designed by OddThemes & VineThemes