8 Tips Ampuh Hemat Bateri Ponsel Agar Tetap Eksis Saat Travelling

Di era modern sekarang ini,kecanggihan ponsel memang sangat dibutuhkan oleh semua orang. Ponsel menjadi barang yang wajib kita bawa kemana saja terutama saat Travelling. Fiturnya yang canggih dan beragam membantu  para traveller yang ingin berkunjung ketempat baru dengan pemandangan yang menakjubkan. Seperti  fitur GPS, mengakses lokasi wisata maupun fitur MAP.

Tidak hanya itu, fitur kamera ponsel yang praktis sangat penting bagi kalian para traveler untuk mengabadikan momen kenangan dan memotret pemandangan tertentu. Terutama anak muda saat ini, kebiasaan upload foto menjadi ajang untuk menunjukan eksistensinya di media sosial.


Namun tanpa disadari, penggunaan ponsel terlalu lama akan membuat daya baterai cepat habis. Nah, tidak mau bukan jika baterai kalian boros? So, apa yang harus dilakukan agar baterai tetap hemat?

1.      Sebelum Travelling ,Pastikan Isi Daya Baterai Kalian Hingga Penuh

mengisi daya baterai hingga penuh (Asri Aulia/Semarasanta)


Sebelum berangkat ke lokasi wisata yang ingin kalian kunjungi,pasti segala perlengkapan dan keperluan sudah kalian persiapkan dengan baik . Tidak hanya  sibuk dengan barang yang akan kalian bawa saja, pastikan ponsel kalian sudah di charge hingga penuh. Jangan lupa membawa charger agar sewaktu-waktu kalian kehabisan baterai  bisa mengisi ulang daya ponsel kalian.


2.      Aktifkan Mode Airplane
Nah, ini juga bisa menghemat baterai. Dengan mode ini ponsel kalian dalam keadaan non aktif, kalian tidak bisa menerima pesan ataupun melakukan panggilan telepon. Namun ponsel masih dalam keadaan menyala. 


3.      Gunakan Mode Silent
Saat perjalanan pastinya sedikit terganggu dengan nada dering pesan atau panggilan pada ponsel kalian . Nah, ini akan mengurangi daya baterai tersendiri sehingga ubah settingan ponsel kalian dengan mode silent. 

4.      Atur Kecerahan Cahaya Terendah
mengatur mode kecerahaan di ponsel (Asri Aulia/Semarasanta)


Atur kecerahan cahaya pada ponsel kalian ,jangan terlalu terang-terang, karena bisa membuat ponsel kita menjadi cepat panas. Cara ini bisa  menghemat daya baterai hingga 25 %. 

5.      Minimalisir Penggunaan GPS
Penggunaan GPS memang sangat penting sebagai petunjuk lokasi wisata bagi para traveler, tapi gunakan seperlunya saja karena bisa menghabiskan daya baterai kalian. Ketika lokasi tujuan sudah kalian temukan, matikan kembali GPS kalian.

6.      Jangan Main Game Saat Perjalaan Travelling

Bermain game saat travelling membuat baterai menjadi boros (Asri Aulia/Semarasanta)


Terkadang saat perjalanan menuju lokasi wisata dengan menggunakan  mobil,bus maupun kereta  membuat kalian merasa bosan. Bermain Game di ponsel menjadi sarana hiburan sebelum sampai ke lokasi wisata. Namun ,asal kalian tahu mengakses fitur game yang memiliki kapasitas memory besar bisa menguras baterai kalian lho? Jika kalian bosan hindari main game ,lebih baik dengarkan lagu dengan headset.

7.      Jangan Gunakan Data Online Terlalu Lama

membukamedia sosial terlalu sering membuat baterai boros (Asri Aulia/Semarasanta)

Di Lokasi kalian traveling ,tentunya kalian ingin menggunakan media sosial untuk chattingan,live video maupun  mengupload story di instagram bukan ?? Kadang kalian tidak sadar data online instagram itu menyedot daya baterai ponsel kalian dan juga mengurangi kualitas travelling kalian .Nah ,untuk itu kurangin onlinenya dan nikmati momen bersama teman,pacar maupun keluarga kalian saat travelling.

8.      Matikan Ponsel Jika Tidak Terpakai
Saat travelling kalian pastinya jarang membuka ponsel kan??  Kalian sibuk menikmati suasana dan keindahan pemandangan tempat kalian travelling. Nah, agar baterai kalian hemat matikan saja ponsel kalian dan nyalakan ulang ponsel  jika itu diperlukan. Hal sederhana ini kadang sering kalian lupakan saat Travelling. 

So, nikmati travelling kalian ,jangan lupa tetap patuhi aturan dimanapun lokasi travelling yang kalian kunjungi  yah?? Semoga Bermanfaat (Asri Aulia/Semarasanta)

Share this:

 
Copyright © Semarasanta - Travel Blog. Designed by OddThemes & VineThemes