Ini Dia 3 Kampung Unik yang Lagi Hits di Semarang!

Semarasanta/Antika Yolanza

Semarang - Ketika kita mendengar kata “kampung” yang terlintas di benak kita adalah suatu desa yang didalamnya terdapat banyak rumah dan ditinggali oleh banyak keluarga. Namun kampung yang berada di kota Semarang ini berbeda dengan kampung kebanyakan. Kampung Batik, Kampung Pelangi dan Kampung Jawi merupakan tiga dari banyak kampung di Semarang yang unik dan berbeda dari kampung pada umumnya. Kampung tersebut dikatakan unik karena memiliki keistimewaan-keistimewaan masing-masing.


Kampung Batik


Semarasanta/Antika Yolanza

Seperti namanya yaitu “Kampung Batik”, kampung ini tentu saja terkenal akan batiknya. Kampung Batik berada di Kelurahan Rejamulya, Semarang Timur, tepatnya di dekat Bundaran Bubakan, telah menjadi Sentra Batik tersendiri di Kota Semarang khususnya Batik Semarangan. Kampung ini juga menjadi pusat perdagangan kain atau busana batik yang tidak hanya diminati oleh wisatawan lokal saja, tetapi juga interlokal. Tidak hanya sebagai pusat penjualan batik saja, tetapi Kampung Batik juga sering mengadakan pelatihan pembuatan batik bagi masyarakat yang ingin belajar membuat batik.  
Kampung Batik ini telah menjadi Spot Instagramable, yaitu pusat tempat foto instagram bagi anak muda, karena di setiap sudut Kampung Batik telah dipenuhi oleh mural(lukisan-lukisan di tembok) yang unik. Motif muralnya bermacam-macam, mulai dari motif batik khas Semarang, cerita pewayangan, legenda asal-usul Kota Semarang, hingga motif tentang proses pembuatan batik. Adanya mural yang indah ini tidak terlepas dari tangan-tangan dingin masyarakat yang tinggal di Kampung Batik yang secara bersama-sama saling bahu membahu mengubah kampung yang dulunya merupakan kawasan yang rawan pencurian menjadi kawasan batik dan mural yang penuh rupa dan berestetika tinggi.
Selain itu, dalam Kampung Batik ini terdapat pula Kampung Djadoel, dimana uniknya kampung ini karena adanya rumah yang masih berdesain kuno. Rumah di Kampung Djadoel memang sengaja dibiarkan seperti bentuk aslinya agar membuat suasana disana seperti kembali ke masa dahulu. Bagaimana? Sudah membayangkan bagaimana uniknya Kampung Batik ini...

Kampung Pelangi 

Semarasanta/Antika Yolanza

Sebenarnya Kampung Pelangi hanya merupakan kampung berderet di perbukitan yang ketika kita lihat dari kejauhan seperti kampung bersusun di lereng bukit. Uniknya ialah kampung ini menghadirkan goresan warna-warni pada setiap tembok dan atap rumah, goresannya berwarna-warni seperti “Pelangi”. Suasana keceriaan dan kegembiraan kampung ini tercermin dari banyaknya warna yang menghiasi setiap sudut kampung ini. Karena keindahannya, sekarang Kampung Pelangi menjadi salah satu tempat wisata swafoto sekaligus hiburan bagi masyarakat sekitar.
Sebelum dinamai kampung Pelangi, kampung ini bernama Kampung Brintik yang terletak di daerah Wonosari, Semarang. Kampung Pelangi merupakan bagian dari Program Pemerintah Kota Semarang dengan mengecat rumah-rumah penduduk di kampung tersebut berwarna-warni untuk menarik wisatawan. Selain itu, program pemerintah ini juga bertujuan untuk mengentaskan masyarakat Kampung Brintik dari kemiskinan dengan merenovasi lingkungan kampung mereka. Program tersebut berhasil menjadikan Kampung Pelangi sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Semarang.

Kampung Jawi

Semarasanta/Antika Yolanza
Kampung Jawi merupakan salah satu kampung yang berada dikelurahan Sukorejo, Gunung Pati, Semarang. Era modernisasi yang mulai secara perlahan menghilangkan tradisi dan budaya leluhur, terutama budaya Jawa, membuat masyarakat Kampung Kalialang Lama berinisiatif untuk menjaga kelestarian tradisi dan budaya Jawa dengan menerapkan kebudayaan Jawa ditiap kegiatan sehari-hari masyarakat secara alami. Uniknya, ketika kita memasuki kampung ini, kalian akan disambut iringan dan tabuhan gamelan, karawitan, dan jathilan. Suara tabuhan gamelan itu berasal dari sanggar tradisional yang berada di sana. Untuk menjaga konsistensi kebudayaan Jawa di kampungnya, banyak masyarakat yang membuat sanggar tradisional untuk mempelajari budaya Jawa, mulai dari bahasa, tarian, tata krama, menabuh gamelan, dan lain sebagainya. Mural yang bertemakan kebudayaan Jawa juga tampak menghiasi setiap sudut kampung. Hal tersebut semakin menguatkan identitas Kampung Jawi sebagai Kampung Pelestari Budaya Jawa.
Karena usaha masyarakat yang gigih dalam melestarikan dan mempertahankan kebudayaan Jawa, Pemerintah Kota Semarang pun meresmikan Kampung Jawi menjadi Kampung Tematik. Sebelum diubah menjadi Kampung Jawi, Kampung Kalialang Lama hanyalah daerah kering dan rawan longsor, namun dengan inisiatif dan usaha warga sekitar, kampung ini telah disulap menjadi salah satu destinasi wisata budaya Jawa favorit di kota Semarang. (AntikaY/Semarasanta)




Share this:

 
Copyright © Semarasanta - Travel Blog. Designed by OddThemes & VineThemes