Surga Tersembunyi di Balik Puncak Dieng

Semarasanta/Audita Widya
Dieng - Kekayaan alam Indonesia memang tidak ada habisnya. Baik pantai maupun daratan, keindahannya selalu memuaskan mata. Dari puncak gunung dengan pemandangan seperti diatas awan, hingga birunya pantai dengan hempasan ombak di terumbu karang, semuanya mengundang untuk dimanjakan. Salah satu keindahan itu ada di Telaga Dringo, Dieng. Telaga Dringo bisa dibilang sebagai destinasi tersembunyi dibalik dataran dan bukit-bukit tinggi yang menjulang menutupi Telaga ini. Telaga Telaga Dringo merupakan salah satu telaga di Dataran Tinggi Dieng yang tepatnya terletak di Desa Pekasiran, Batur, Banjarnegara atau berbatasan dengan Desa Wonopriyo, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.






Sejarahnya, Telaga Dringo adalah hasil dari letusan kepundan gunung berapi yang  juga menjadi alasan pemandangan telaga yang terlihat seperti mangkuk. Selain itu, alasan dibalik nama telaga yang diberi nama 'Dringo' yaitu karena tanaman-tanaman yang tumbuh di sekitarnya. Telaga ini dikelilinngi oleh tumbuhan Dringo yang secara alami tumbuh disekitar danau.


Telaga Dringo, yang bisa dibilang berada di atas Kawah Candradimuka, menawarkan moleknya danau sidringo dengan taman yang ditumbuhi bunga warna-warni khas dataran tinggi dan dikelilingi oleh pepohonan bukit-bukit hijau. Suasana di telaga yang sejuk dan masih alami sangat cocok untuk dinikmati jika ingin menghabiskan waktu dengan keluarga atau piknik bersama kerabat. Selain untuk mengusir kepenatan, suasana alami di telaga ini juga menjadi salah satu tempat paling terkenal untuk mengambil foto.
Bagi pemburu sunrise dan sunset, Telaga Dringo juga tempat yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Matahari yang terbit dan tenggelam dapat terlihat dari balik bukit-bukit yang mengelilingi telaga dan menjadi daya tarik tambahan untuk Telaga Dringo. Tidak jarang jika ditemui wisatawan yang camping di sekitar telaga untuk menikmati suasana sunset atau sunrise dari puncak sidringo ini. Seperti yang dialami salah satu pengunjung, Asayuta Nisaulhaya, yang mengatakan bahwa ia sangat puas dengan pemandangan indah telaga dringo.



“Bagus banget pemandangannya, luar biasa, aksesnya tapi masih agak susah. Itu aja sih minusnya, sekarang jalannya udah setengah jadi, jadinya udah nggak jelek-jelek banget. Ini pesona alam yang murah dan emang udaranya sejuk.” tutur Asa. 
Semarasanta/Audita Widya

Menyingkap uniknya keindahan Telaga Dringo memang butuh perjuangan. Jalan yang harus ditempuh untuk sampai ke sana memang cukup sulit. Akses jalannya sempit dan sangat naik, masih terjal bergerinjil, dan tanah bebatuan. Namun, sekarang pembuatan akses jalan menuju Telaga Dringo sudah dilakukan sehingga jalanan yang diakses sudah bisa dilewati dengan lebih baik. Walaupun sulitnya akses yang dilalui, perjalanan menuju Telaga Dringo tetap akan menyuguhkan wisatawan dengan eloknya landscape yang sangat menarik untuk diabadikan dengan kamera. Medan yang sulit akan terbayarkan oleh suasana alam yang bersih dan indah Telaga Dringo.

Kawasan wisata ini sangat disarankan bagi kalian yang mau memanjakan mata dengan pemandangan danau sidringo yang indah sekaligus tempat yang sangat menarik untuk para fotografer. Penasaran? Yuk, ajak keluarga dan teman-temanmu untuk nikamti apiknya Telaga Dringo! (Audita.W/Semarasanta)


Share this:

 
Copyright © Semarasanta - Travel Blog. Designed by OddThemes & VineThemes