Menikmati Pesona Alami Khas Pantai Siung

Eksotisme Pantai Siung menawarkan pesona alami yang dapat dinikmati oleh para pengunjung pantai. FOTO: AuditaW/Semarasanta

Yogyakarta - Pesona wisata alam yang disuguhkan di Indonesia selalu berhasil memukau banyak pelancong. Dari puncak gunung dengan pemandangan seperti diatas awan, hingga birunya pantai dengan hempasan ombak di terumbu karang, semuanya mengundang untuk dimanjakan. Jika berbicara tentang pantai, Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki deretan pantai cantik yang membentang di pesisir selatan. Salah satu pantai yang paling terkenal adalah Pantai Siung, terletak di kawasan Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.



Pemandangan alami Pantai Siung memanjakan mata para pengunjung. FOTO: AuditaW/Semarasanta

Pantai Siung selalu membuat decak kagum wisatawan karena keindahan alamnya. Pantai Siung terletak diantara batuan besar dan pegunungan yang menambah poin tambahan untuk pesona keindahan pantai ini. Pantai yang berlokasi di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus ini dipenuhi pasir putih. Tak hanya itu, Pantai Siung juga terkenal di kalangan pemanjat tebing karena terkenal akan lokasi panjat tebingnya yang alami dari batuan karang besar. Panjat tebing di Pantai Siung sudah memiliki banyak jalur panjat tebing yang memang sudah terkenal di Indonesia. Selain sebagai tempat wisata, Pantai Siung ini juga menjadi tempat olahraga para pemanjat tebing maupun wisatawan yang memiliki hobi memanjat tebing. 

Pantai cekung dengan panjang sekitar 300-400 meter ini dikelilingi karang-karang besar yang ditumbuhi lumut hijau dan vegetasi. Pantai yang bersih dan jernih bisa membuat jernih pikiran, setelah berkutat dengan pekerjaan yang mungkin membuat penat. Keistimewaan pantai ini juga bisa dimanfaatkan oleh wisatawan yang hobi fotografi. Sambil menikmati indahnya Pantai Siung yang juga dikelilingi pohon-pohon pandan khas dipinggir pantai, kalian bisa mengabadikan keindahan alami yang ditawarkan Pantai Siung.
Rumput laut yang tumbuh di bibir pantai menambah pesona alami Pantai Siung/ FOTO: AuditaW/Semarasanta

Namun, Pantai Siung bukanlah pantai yang cocok untuk dipakai berenang karena banyaknya terumbu karang yang dapat membahayakan dan juga ombak pantai di kawasan Gunungkidul yang memang terkenal cukup besar. Tidak salah jika disana terdapat larangan untuk berenang demi keselematan. Walaupun tidak dapat berenang, pengunjung tetap dapat bermain dengan air laut pantai suing yang bersih di pinggir pantai. 
“Pantainya bersih, tapi sayang pasirnya masih ada yang nggak bagus, nggak alus gitu banyak kerikilnya, terus masih sepi dan bersih gitu, kayak serasa pantai pribadi.” ucap Alfi Fauzia, salah satu pengunjung.
Pengunjung lain, Galang Wicaksono, juga mengatakan bahwa Pantai Siung merupakan tempat yang mempesona untuk menikmati sunset, terdapat bukit-bukit yang menambah keelokan pantai hingga fasilitas jembatan untuk menuju sebuah karang yang membuat wisatawan dapat menikmati suguhan alami tersebut.
Medan yang harus ditempuh untuk menuju ke sana memang tidak mudah. Karena letak Gunungkidul yang memang cukup jauh, ditambah lagi jalan yang berkelok-kelok dan terdapat sebagian jalan yang masih rusak. Jadi, sangat disarankan untuk mengendarai kendaraan pribadi untuk menuju kawasan wisata ini. Setelah jalan menurun sedikit tajam sebelum sampai di Pantai Siung juga kita bisa melihat kolam dan keramba untuk budidaya ikan oleh warga setempat. Wisatawan juga bisa menikmati keindahan Pantai Siung dari atas bukit, saat ini bahkan ramai wisatawan yang camping untuk menikmati suasana Pantai Siung pada malam hari.
Kawasan wisata ini sangat disarankan bagi kalian yang mau memanjakan mata sekaligus tempat yang sangat menarik untuk para fotografer. Penasaran? Yuk, ajak keluarga dan teman-temanmu untuk berkunjung ke Pantai Siung!(Audita.W/Semarasanta)






Share this:

 
Copyright © Semarasanta - Travel Blog. Designed by OddThemes & VineThemes